11/06/2017

BAB III Sistem Teknologi Informasi

PERANTI MASUKAN


A. Jenis Peranti Masukan

Peranti Masukan (Input Device) yakni perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Dalam hal ini, data dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio-video, dan gerakan.


B. Peranti Pengetikan

Peranti yang paling umum digunakan dalam sistem komputer.

a. Keyboard
Merupakan peranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf, angka, maupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses komputer.
b. ATM
Automated Teller Machine digunakan dalam perbankan, peranti ini memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai. ATM bekerja sebagai peranti input-output sekaligus sebagai peranti masukan, ATM memungkinkan pemakai memasukkan PIN, angka uang, dan hal-hal lain yang tersedia pada menu.
c. POS
Point Of Sale yakni peranti yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data pembeli.

C. Peranti Petunjuk

Pointing device untuk memilih data atau perintah yang muncul dilayar monitor, peranti yang paling umum adalah mouse dan sejenisnya.

a. Mouse
Peranti penunjuk yang pada saat ini telah biasa digunakan oleh orang-orang yang memaikai komputer, mouse berfungsi menunjuk data atau perintah yang ditampilkan pada layar monitor.
b. Trackball
Memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis, bedanya pergeseran petunjuk trackball dilayar dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan pemakai kearah yang diinginkan/kehendaki.
c. Pointing Stick
Stylus yakni penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pensil, yang biasanya terletak pada laptop. 
d. Touchpad
Peranti petunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan keatasnya. 
e. Touchscreen
Peranti menunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah. 
f. Joystick
Untuk mengendalikan aplikasi game.
g. Peranti penunjuk berbentuk pena
Sistem komputer yang berbasis pena untuk masukan pada PDA dan berbagai komputer yang dapat dipegang tangan, berupa tulisan tangan serta menerjemahkan tulisan tangan. 
h. Light Pen
Dapat menghasilkan cahaya serta dengan layar yang peka terhadap cahaya (fotoelektrik), terdapat pada pengendali lalu lintas udara pada bandara. 
i. Digitizing Tablet
Peranti yang dapat mengonversi gambar atau foto menjadi data digital.

D. Pengambilan Gambar Terformat

Termasuk dalam kategori peranti ini adalah barcode reader, MICR, OMR, dan OCR.

a. Barcode Reader
Pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang dijual ditoko-toko swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi penjualan. 
b. Magnetic Ink Character Recognition
MICR untuk membaca karakter-karakter khusus yang dicetak dengan tinta khusus pula.
c. Optical Mark Recognition
OMR yakni peranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer. 
d. Optical Character Recognition
OCR yakni peranti yang dapat membaca teks dan mengonversi kedalam code digital yang nantinya diproses oleh komputer.

E. Pengambilan Gambar yang Tidak Terformat

Dalam golongan ini yaitu image scanner, kamera digital, pembaca retina mata, dan pembaca sidik jari.

a. Image Scanner
Peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, bahkan juga tulisan tangan. 
b. Kamera Digital
Setiap kamera elektronik memiliki sebuah sensor yang dapat mengubah sebuah citra optis ke isyarat elektronis. 
c. Pembaca Retina Mata
Membaca retina mata seseorang dan menghasilkan suata identitas retina mata. 
d. Pembaca Sidik Jari
Fingerprint reader yakni peranti untuk membaca sidik jari seseorang. Contohnya ada pada sistem kepolisian, presensi pegawai dan banyak lagi yang bersifat rahasia dan diakses sescara otomatis.

F. Suara

a. Mikrofon

  • Mikrofon karbon ada pada teknologi pesawat saat ini.
  • Mikrofon dinamis memanfaatkan efek elektomagnetik yang mengubah diafragma menggetarkan magnet lalu menimbulkan arus listrik lemah.
  • Mikrofon pipa, pipa tipis yang terletak pada suatu medan magnet.

b. Automatic Speech Recognition (ASR)

ASR dapat mengenali masukkan berupa kata-kata dalam kalimat.

c. Touchtone

DTMF (Dual Toune Multi Frequency) yakni peranti yang dapat menerima masukkan yang berasal dari telepon untuk memasukkan informasi atau perintah.

G. Video

Kamera video yang sering disebut camera recorder dapat merekam citra yang bergerak.


H. Gerakan

a. Headset

Peranti yang dipasang pada kepala, menutup mata, digunakan untuk menangkap, merekam gerakan kepala, serta menanyakan berbagai macam gambar kemata pemakai.

b. Glove

Sarung tangan untuk merekam jenis serta kekuatan gerakan jari dan tangan pemakai.

c. Walker

Menangkap dan merekam gerakan kaki, termasuk arah kaki berputar.

I. Sensor

Peranti yang dapat mengambil data langsung di lingkungan.


J. Radio Frequency Identification Device

RFID yakni peranti yang memanfaatkan gelombang frekuensi radio untuk mengirim data dari sesuatu yang ditempeli RFID tersebut ke peranti pelacak RFID.


K. Pembaca Kartu Magnetik

Berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetik.


L. Pembaca Kartu Cerdas

Smart Card yakni sebuah komputer yang berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip yang mengandung processor, RAM, dan ROM serta sistem operasi dengan keamanan yang tinggi.


M. Pembaca Kode QR

Quick Response yakni barcode dua dimensi yang banyak digunakan ditempelkan pada produk.

0 komentar:

Posting Komentar